SPIRIT MERANGKAK DARI BAWAH WALAU PELAN TAPI PASTI

Sunday, January 26, 2014



            Kalau kita lihat di web – web, blog – blog, dan lapak – lapak jual beli kenari akan kita dapati berbagai macam produk – produk yang di tawarkan semuanya tampak bagus, indah dan menarik, saking banyaknya malah bikin kita bingung dan pusing mana yang mau di pilih.

Maka berfikirlah realistis, semua ditimbang dari kemampuan dan budget yang mau kita anggarkan kemudian buat – buat plaining yang matang, jangka pendek, menengah dan panjang. Karena yang namanya ternak tidak mungkin secepat dan semudah yang kita bayangkan semua butuh proses.

Indukan yang besar – besar, mewah – mewah dan mahal – mahal bukan jaminan, karena yang menjadi inti adalah hasilnya mas,,,apalah artinya yang sedemikian itu jika breedingnya selalu gagal atau tidak imbang antara pemasukan dan pengeluaran.

Ambil contoh salah satu rekan kita tahun lalu ambil di beberapa lokalan dan AF maaf – maaf aja beliau seseorang buruh kecil yang hasil dari kerjanya cuma pas – pasan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Karena ketekunan dan kesabaran serta tidak “kepincut” Iming – iming orang, ia jalani beternak local dan AF, Alhamdulillah menghasilkan beberapa anakan, yang bagus – bagus anakannya di simpan dan yang lebih di jual untuk ganti pakan.

Rutinitas tersebut ia jalani dengan sabar, sampai – sampai beberapa hari ini saya di kejutkan dengan kedatangannya untuk membeli F1 anakan dari hasil anakan yang telah di jual selama ini.

Dan ini merupakan kebahagiaannya dan kepuasannya bisa membeli anakan F1 dengan jeri payah beternak tanpa harus mengurangi dari anggaran rumah tangga.

Pernah saya tanyakan “ Beli F1 apa sudah punya sangkarnya?” dia menjawab, “Sudah pak, sudah saya belikan jauh – jauh hari saya siapkan sangkar khusus tinggal nunggu penghuninya”, saya jawab “hehehe”.

Inilah realita kebahagiaan dan kepuasan yang timbangannya bukan emosi dan ambisi, jadi pelan – pelan gak masalah tapi pasti.

Penulis : Bp H. Ady Jaya
Editor : Rudi



Share this article :
 
Support : Creating Website | Ternak Kenari VIP Template | Ternak kenari VIP Template
Copyright © 2011. TERNAK KENARI VIP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Ternak Kenari VIP
Proudly powered by Blogger